Karutan 1 Medan Theo Purba Lepas Pemberangkatan 60 Warga Binaan Ke Humbahas

redaksi
0 0
Read Time1 Minute, 43 Second

Gi-media.com, Medan – Dalam rangka mengurangi over kapasitas, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas 1A Medan, kembali melakukan pemutasian warga binaan pemasyarakatan (WBP), Sabtu (24/07/2021) sekitar pukul 23.00 WIB.

Pemutasian kali ini, dilakukan terhadap 60 warga binaan menuju tempat barunya di Rutan Kelas II B Humbang Hasundutan, yang pemberangkatannya di lepas langsung oleh Karutan 1 Medan Theo Adrianus Purba
Amd.IP, SH, MH.

Karutan 1 Medan Theo Purba kepada wartawan, Minggu (25/07/2021) mengatakan, pemutasian warga binaan itu merupakan kegiatan berkesinambungan yang harus dilakukan, guna menjaga stabilitas di Rutan 1 Medan.

“Kapasitas Rutan 1 Medan berdaya tampung 1250 warga binaan, namun kini telah terisi sebanyak 4.202 orang. Jumlah ini pun akan terus bertambah, karena setiap minggunya, hari Selasa dan Kamis, Rutan 1 Medan tetap menerima tahanan baru dari kepolisian,”
ujarnya.

Menurut Theo Purba, bertambahnya jumlah tahanan baru tersebut, mengingat angka kriminal yang terus meningkat di situasi pandemi covid 19 ini, sehingga menyebabkan terjadinya kepadatan tahanan di sejumlah rumah tahanan kepolisian baik di level Polda sumut, Polrestabes hingga Polsek Polsek Medan sekitarnya, yg berdampak langsung menyumbang kepadatan tahanan di Rutan Kelas I Medan.

“Jadi, pemutasian ini adalah upaya Rutan 1 Medan untuk mengurangi over kapasitas tersebut. Dalam bulan Juli 2021 ini saja Rutan 1 Medan telah memindahkan sekitar 260 orang WBP ke Lapas dan Rutan lainnya di wilayah Kemenkumham Sumut, antara lain ke Rutan Humbahas 120 orang,
Lapas Binjai 30 orang,
Lapas Narkotika Langkat 60 orang dan Lapas Barus 50 orang,” terangnya.

Dalam pemindahan ke 60 tahanan tadi malam, sambung Theo, diberangkatkan menggunakan dua unit armada kenderaan tahanan Rutan, dengan pengawalan ketat personel Rutan 1 Medan.

Saat akan melepas keberangkatan, Karutan 1 Medan berpesan kepada tim kawal agar tetap waspada dan berhati hati dalam perjalanan serta terus melaporkan perkembangan situasi hingga sampai ke tujuan di Humbang Hasundutan.

“Pemindahan ke 60 warga binaan itu berjalan aman dan lancar dan kiranya Tuhan melindungi kita semua dalam melaksanakan tugas ini, dan personel juga telah kembali ke Rutan 1 Medan dengan selamat tanpa kurang suatu apapun juga,” tandas Theo.

 

Deno Alwadris Barus

Happy
Happy
100 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Dua Minggu Terahir,3 Warga Kecamatan Bandar Meninggal Terpapar Covid 19

Simalungun,GI-Media.com – Dalam jangka waktu dua minggu terakhir, 3 orang warga Kecamatan Bandar meningal dunia akibat terpapar Covid 19,adapun warga yang terpapar dan meninggal dunia diantaranya warga Pematang Kerasaan,Warga Nagori Perdagangan II dan Warga Kelurahan Perdagangan I Kecamatan Bandar Kabupaten Simalungun. Saat ini warga Kecamatan Bandar menjadi resah takut penyebaran […]

Subscribe Kami Dong !

Email address: