Walpri Kapolda Sumut Arogan, Wartawan Dihalangi Wawancara |

redaksi
0 0
Read Time2 Minute, 35 Second

Gi-media.com, Medan – Hari Ulang Tahun (HUT) ke 75 Bhayangkara menjadi mementum untuk introspeksi diri sejauh mana dalam memberi pelayanan, mengayomi dan melindungi masyarkat. Harapan masyarakat dengan motto yang diusung Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjadikan Polri Presisi dimaksudkan agar Polri meningkatkan kinerja sesuai tugas dan fungsi Polri seutuhnya.

Polri pun diajak untuk tidak menyakiti hati rakyat, namun sebaliknya memberi pelayanan, perlindungan dan mengayomi. Akan tetapi, perintah Kapolri dengan konsep Polri Presisi, Prediktif, Responsibilitas dan transparansi berkeadilan, ternyata masih ada yang “mengesampingkan”, seperti seorang oknum Pengawal Pribadi (Walpri) Kapoldasu Irjen Pol.Drs.RZ Panca Putra Simanjuntak.

Pria berbadan tegap (poto) itu dikenal wartawan yang sehari-hari bertugas di Mapoldasu kerap bertindak arogan takkala wartawan ingin wawancara dengan Kapoldasu Irjen Pol.rs.RZ Panca Putra Simanjuntak. Padahal, Kapoldasu sendiri sangat resfek terhadap awak media.

Ironisnya, tindakan terkesan arogansi itu diperlihatkannya ketika perayaan Hut ke 75 Bhayangkara di Mapoldasu. Seusai memimpin upacara kenaikan pangkat di Lapangan KS Tubun Mapoldasu, para wartawan didatangi Kapoldasu lalu melakukan wawancara sejenak.

Tapi, ketika hendak mulai wawancara, oknum Walpri itu berusaha menghalangi sambil menarik-narik baju wartawan. Sontak saja wartawan yang sudah mulai mengangkat hanphone untuk merekam wawancara merasa terganggu. “Jangan dekat kau-jangan dekat”, kata oknum berpangkat bintara itu, padahal jarak wawancara Kapolda dengan wartawan ada 1 meter lebih dan wartawan yang hanya beberapa orang saja semua memakai masker.

Melihat tindakan oknum Polri yang tidak bersahabat, dengan tegas dilawan wartawan. “Harus kekmana lagi jauhnya, masa wawancara harus jauh”, balas wartawan. Oknum Bhayangkara itupun terdiam, hingga wawancara selesai.

Tindakan terkesan arogansi oknum pengawal Kapoldasu itu mendapat tanggapan dari Ketua Forum Wartawan Poldasu Zulkifli Tanjung dan Ketua Jurnalis Muda Poldasu (JMP), Gibson Simanjuntak. Mereka mengatakan, Kapoldasu yang menjadikan media sebagai mitra strategis dalam memeliharan Kamtibmas justru tidak sejalan dengan anak buahnya.

“Kami melihat Kapoldasu Irjen Panca Putra Simanjuntak sangat respon terhadap wartawan, tidak pernah menolak wartawan jika wawancara door stop, tapi justru dihalangi Walpri (Pengawal Pribadi). Kami berharap agar sinergitas antara Polri dengan media yang sudah terbangun dengan baik di Poldasu tidak terciderai, agar Kapoldasu menindak tegas oknum Walpti (Pengawal Pribadi) tersebut,” kata mereka.

Zulkifli dan Gibson mengaku sudah sering mendapat aduan dari para wartawan soal prilaku oknum Walpri itu tapi selama ini wartawan tidak pernah merespon. “Kami menganggap sebagai tantangan wartawan dilapangan tapi yang kami sayangkan justri arogansi oknum Polri itu terjadi tatkala perayaan HUT ke 75 Bhyangkara yang seharusnya dijadikan sebagai momentum untuk introspeksi diri, sejauh mana tugas dan fungsi Polri dilakukan selama ini.

Sementara itu, penasehat wartawan Poldasu, Josmarlin Tambunan mengaku dan sering melihat jika oknum walpri itu tidak berjiawa Bhayangkara. Oknum seperti itu perlu di didik untuk bersikap sopan dalam menghadapi masyarakat.

“Wartawan itu bekerja berdasarkan UU No.40 tahun 1999, jika ada orang yang menghalangi tugas-tugas wartawan, berarti melanggar UU No.40 tahun 1999,” ujarnya.

“Kami sangat menyayangkan arogansi oknum Patwal yang diperlihatkan kepada wartawan. Sikap dan prilaku demikian tidaklah sesuai dengan thema HUT ke 75 Bhayangkara,” Transpormasi Polri yang Presisi mendukung percepatan penanganan Covid-19 untuk masyarakat sehat dan pemulihan ekonomi nasional menuju Indonesia Maju”,: pungkasnya.

 

 

Poto: Oknum Walpri Kapolda.(dok)

 

Deno Alwadaris Barus

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Selekda Sumut,PBFI Simalungun Raih Juara 2

Simalungun,Gi-Media.com – Cabang Olah raga Persatuan Binaraga Fitness Indonesia (PBFI) Simalungun, berhasil mengharumkan nama daerah kabupaten Simalungun pada pelaksanaan Selekda Sumut yang diselenggarakan pada hari Sabtu dan Minggu, 26 – 27 Juni 2021 di Gedung Sport Center, Gedung Pemuda dan Olahraga, Jalan Pancing, Medan. Kegiatan Selekda yang diikuti para Atlit […]

Subscribe Kami Dong !

Email address: