Brigjen Pol Kumbul Berharap Komunitas Tionghoa Turut Aktif Berantas Korupsi

redaksi
0 0
Read Time1 Minute, 30 Second

Gi-media.com, Medan – Direktorat Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK RI, Brigjen Pol Kumbul Kusdwidjanto Sudjadi, berharap komunitas Tionghoa yang ada di Sumatera Utara, turut berperan aktif dalam upaya pemberantasan korupsi.

Brigjen Pol Kumbul mengemukakan hal itu dalam acara bimbingan teknis (Bimtek) dan Kolaborasi dalam Pembinaan Peran Serta Masyarakat dalam Pemberantasan Korupsi yang dilaksanakan di Kota Medan, Selasa (8/6/2021).

Adapun thema yang diusung dalam acara Bimtek tersebut adalah tentang Pemahaman Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dan Upaya Pencegahannya Bersama Masyarakat Tionghoa Sumatera Utara.

“Sebab, komunitas Tionghoa adalah sebagai bagian dari bangsa Indonesia,” ujar Brigjen Kumbul.

Dikatakan Brigjen Kumbul, dalam upaya pemberantasan korupsi, utamanya mulai dari diri sendiri untuk tidak terlibat atau melakukan korupsi.

Selain itu juga ada kepedulian untuk berani melawan dan melaporkan jika melihat adanya tindak pidana korupsi.

“Sebab korupsi adalah musuh bersama dan tidak mungkin hanya dilakukan oleh KPK ataupun aparat penegak hukum lainnya, tetapi juga harus ada peran aktif dari seluruh elemen bangsa, minimal berani melawan dan melaporkan jika terjadi atau ada korupsi di lingkungannya ke KPK,” jelas Brigjen Kumbul.

Lebih lanjut Brigjen Kumbul menjelaska bahwa kegiatan pemberdayaan masyarakat untuk anti korupsi yang dilakukan oleh Direktorat Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK, tidak hanya menyasar pada komunitas tertentu saja.

“Tetapi semua komunitas dan seluruh elemen bangsa termasuk pegawai negeri, penyelenggara negara bersama keluarganya, partai politik dan bahkan juga aparat penegak hukum itu sendiri,” urai Brigjen Pol Kumbul.

Sebab, belum tentu semuanya memahami apa itu korupsi dan bagaimana upaya pemberantasannya.

Utamanya adalah melakukan penanaman nilai-nilai integritas anti korupsi, sehingga timbul niat untuk tidak korupsi, berani melawan dan melaporkan jika ada korupsi.

“Sebab integritas itu mudah diucapkan tetapi sulit dilaksanakan. Integritas perlu komitmen, konsistensi, berani berkorban dan juga perlu adanya dukungan orang lain. Oleh karena itu, kita berkepentingan untuk selalu mengingatkan,” pungkas Brigjen Pol Kumbul.

 

Deno Alwadaris Barus melaporkan

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ketua PWI Sumut H Hermansjah SE Takjiah Ke Rumah Anggota Kemalangan

Gi-media.com, Medan -Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Sumut H Hermansjah SE Takjiyah ke rumah anggota yang kemalangan, di Jalan Letjen Djamin Ginting Km 18 Kilometer 18, Desa Hulu, Pancur Batu, Deli Serdang, Rabu (09/6/2021). Takjiah atau layatan untuk menyampaikan ungkapan rasa berlangsungkawa Keluarga Besar PWI Sumut itu, dilakukan Ketua […]

Subscribe Kami Dong !

Email address: