Penerima Bantuan PKH, Bantuan Pemko, Dan Provinsi Banyak Dialihkan Menjadi Penerima BLT, Boleh?

1 0
Read Time1 Minute, 31 Second

GI-MEDIA.com || Pematangsiantar-Sumut. Berdasarkan Peraturan yang di keluarkan oleh pemerintah tentang warga penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) adalah masyarakat yang masuk dalam pendataan RT/RW dan berada di desa. Calon penerima adalah mereka yang kehilangan mata pencarian di tengah pandemi corona.

Tidak hanya itu, calon penerima tidak terdaftar sebagai penerima bantuan sosial (bansos) lain dari pemerintah pusat. Ini berarti calon penerima BLT dari Dana Desa tidak menerima Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, Paket Sembako, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) hingga Kartu Prakerja.

Namun sayang, di beberapa Daerah/Kelurahan yang ada di kota Pematangsiantar justru berbeda. Kebanyakan disinyalir penerima BLT justru warga yang sudah terdaftar sebagai penerima bantuan lain dari pemerintah. Seperti dikelurahan Sumber Jaya, Kecamatan Siantar Martoba. Saat warga calon penerima BLT mendata ulang di kantor Kelurahan (15/5/2020) lalu, salah seorang warga menanyakan kepada Lurah, akan adanya warga yang sudah menerima bantuan dari Pemko dan Provinsi, masih juga mendapatkan BLT.

“Saya mau bertanya pak lurah, mengapa tetangga saya yang sudah mendapatkan bantuan lain, masih bisa mendapatkan BLT, kan aneh, banyak kalilah dia dapat bantuan”, ungkap wanita berdarah Nias yang tinggal di pinggir rel kereta api.

Mendapat pertanyaan seperti itu, Lurah Sumber Jaya Sofian Siregar yang masih baru menjabat langsung memanggil sekretaris lurah untuk menjelaskan. Jawaban dari sekretaris lurah justru sangat enteng dan terkesan mengelak. Menurutnya pihaknya akan hapus data penerima yang akan mendapat BLT dari Kemensos jika sebelumnya sudah mendapatkan bantuan dari Pemko dan bantuan lain.

“Yang sudah mendapatkan bantuan dari Pemko dan bantuan lain, akan kita hapus datanya sebagai penerima bantuan yang sudah di dapat sebelumnya. Jadi warga tersebut hanya menerima Bantuan dari Kemensos (BLT)”, jelas Seklur kepada warga.

Pantauan reporter di lapangan, antrian warga yang akan di data ulang untuk mendapatkan BLT Kemensos, justru didominasi warga yang sebenarnya menerima bantuan lain dari pemerintah. (Rus-Tim)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan